Instal windows 7 menggunakan flashdisk

Redi Apri Handoko | 07.35 | 0 comments
Instal windows 7 dengan menggunakan flashdisk.
Mengapa harus menggunkan flashdisk? Simak kisah berikut ini . Sekarang dipasaran marak sekali beredar laptop mungil nan cantik dengan harga terjangkau oleh user. Netbook ini berbagai merek dengan peformance yang lumayan bagus untuk pelajar atau user pribadi serta kantoran. Selain mobile bisa dibawa kemana-mana dengan praktis karena sangat ringan juga tidak repot. Apalagi untuk berinternet ditempat-tempat umum yang tersedia fasilitas hotspot. Makanya netbook ini berlabel Best Friend World Wide Web.
Namun ada kendala sedikit pada si mungil ini terutama saat menginstal Windows 7 atau Windows Vista, karena tidak dilengkapi dengan CD/DVD internal. Sehingga kita membutuhkan CD/DVD externak untul install OS Windows di dalamnya. Harga CD/DVD  drive External yang lumayan menguras kocek (harus dijauhi kwkwkwkw) , maka kita mencoba memanfaatkan media Flashdisk yang sudah biasa kita gunakan.
Syarat dan caranya :

   1.  Kapasitas flashdisk minimal 4 Gb, karena kapasitas OS Windows 7 / Windows Vista sekitar 2,5 Gb.
   2. Memiliki DVD Windows 7 atau Windows 7 ISO. Kalau tidak punya bisa cari bareng om google atau download disini. Biasanya kalo beli netbook baru sudah terdapat dvd instalasinya.
   3. Merubah bios pada pilihan boot pertama pada flashdisk atau menekan function (F9/F12) pada pilihan menu booting.
   4. Flashdisk harus dibuat bootable.

    
Cara membuat flashdisk bootable dengan CMD :
   1. Pada komputer lain yg berjalan diwindows XP/Vista/Windows7, klik Run kemudian ketik cmd ( Tombol Bendera Windows + R )
   2. Setelah masuk di Command Mode, masukan perintah-perintah :

    * diskpart
    * list disk
    * select disk 1 ( Flashdisk diasumsikan berada di part 1)
    * clean
    * create partition primary
    * select partition 1
    * active
    * format fs=NTFS ( tunggu sampai 100% proses format )
    * assign
    * exit

Setelah flashdisk terformat, maka perlu dipersiakan Windows 7 DVD Install dan dimasukan ke DVD Rom.  Pada komputer lain yang berjalan diwindows XP/Vista/Windows7, klik Run kemudian ketik cmd ( Tombol Bendera Windows + R ), untuk pindah ke directori dimana DVDR berada.

    * e: ( asumsi DVD Rom berada di direktori E, sesuaikan dengan komputer anda )
    * cd e:\boot
    * bootsect /nt60 e:
    * copy lah semua file instalasi yang berada di DVD Windows 7 ke Flashdisk.
    * Jika kapasitas flaskdisk masih tersisa, copy juga semua driver Netbook/Laptop anda. semua telah selesai dikopi , sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable!
    * Tutup command prompt.

Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk anda....!!!
Berbagi Dengan Teman:

Posted by : Redi A.H ~ / Tutorial windows, SEO , Info gadget, Download game

Artikel Instal windows 7 menggunakan flashdisk Di posting oleh Redi A.H pada 23 Jan 2011. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kontak atau komentar. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terimakasih. Happy blogging!!!

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda semua, sebelumnya mohon maaf kami tidak menerima komentar yang berbau tentang pornografi.
TERIMAKASIH atas partisipasinya.

 
Site Meter :
Copyright © 2011. Tutorial Windows 7 - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
Thank You For Google